Panca Sradha

Ada lima keyakinan yang disebut Panca Sradha yang mendasari segala aspek kehidupan bagi umat Hindu.

  • Brahman, keyakinan terhadap Tuhan.
  • Atman, keyakinan terhadap Atman (jiwa).
  • Karmapala, keyakinan terhadap hukum karma.
  • Punarbawa / Samsara, keyakinan terhadap penjelmaan kembali.
  • Moksa, keyakinan terhadap penyatuan Atman dengan Brahman.

Brahman

Keyakinan terhadap Tuhan

Agama Hindu mendidik umatnya untuk yakin akan adanya kemahaagungan Sang Hyang Widhi Wasa. Tuhan merupakan sumber segala yang ada di alam ini baik yang tampak nyata maupun yang abstrak (sekala – niskala).

Atman

Keyakinan terhadap percikan Tuhan dalam setiap makhluk hidup.

Atman atau atma adalah percikan-percikan kecil (halus) dari Brahman / Sang Hyang Widhi Wasa yang berada di dalam setiap makhluk hidup. Atman di dalam badan manusia disebut: Jiwatman yaitu yang menghidupkan manusia. Hubungan atman dengan badan ini ibarat bola lampu dengan listrik. Bola lampu tidak akan menyala tanpa listrik, demikian pula badan jasmani takkan hidup tanpa atman.

Karmaphala

Keyakinan terhadap hukum Karma

Karmaphala terdiri dari dua kata yaitu karma dan phala, berasal dari bahasa Sanskerta. Karma artinya perbuatan dan Phala artinya buah, hasil, atau pahala. Jadi Karmaphala artinya hasil dari perbuatan seseorang.

Punarbhawa / Samsara

Keyakinan terhadap penjelmaan kembali

Kata punarbhawa terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu punar (lagi) dan bhawa (menjelma). Jadi punarbhawa ialah keyakinan terhadap kelahiran berulang yang disebut juga penitisan atau samsara. Dalam pustaka suci Weda tersebut dinyatakan bahwa penjelmaan jiwatman berulang-ulang di dunia ini atau di dunia yang lebih tinggi disebut samsara. Kelahiran yang berulang ini membawa akibat suka dan duka.

Moksa

Keyakinan terhadap bersatunya Atman kepada Brahman

Tujuan hidup umat Hindu ialah mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin (moksartham jagadhita). Kebahagiaan batin yang tertinggi ialah bersatunya Atman dengan Brahman yang disebut Moksa.


Navigasi:

Dasar Agama Hindu

  1. Tattwa
  2. Susila
  3. Upacara / Yadnya

Credit:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *